Rabu, 16 Januari 2019

Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Online Dengan Google Drive (Disertai Skor / NIlai)

SMPN 4 BANGKALA MARAYOKA KEC. BANGKALA KAB. JENEPONTO

Berikut ini adalah cara membuat soal pilihan ganda online langsung dengan hasil skor yang diperoleh siswa.

Pemanfaatan teknologi informasi berupa internet dalam dunia pendidikan ternyata sudah banyak dilakukan. Selain sebagai sumber belajar, juga dimanfaatkan sebagai media belajar. Banyaknya informasi yang tersebar dalam jaringan internet akan menambah perbendaharaan materi pembelajaran. Fasilitas internet juga dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran berbasis online yang memungkinkan terjadinya interaksi belajar mengajar tanpa tatap muka secara langsung. Bagi guru, mungkin sekarang sedang disibukan dengan program "Guru Pembelajar" yang memanfaatkan fasilitas internet dalam pelatihan guru. Istilah "daring(dalam jaringan)" menjadi begitu populer bagi para pendidik tersebut. Ini adalah bukti nyata bahwa fasilitas internet dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.

Selain Lembar Kerja Online, guru juga dapat memanfaatkan internet dalam melaksanakan penilaian. Guru memberikan soal ujian, quiz atau sejenisnya berbasis online untuk mengukur kemampuan siswa. Lalu bagaimana cara membuat soal - soal tersebut agar bisa diakses online oleh siswa dan secara otomatis menyediakan informasi tentang skor yang siswa peroleh. Dalam tulisan ini, akan disajikan tutorial bagaimana membuat soal pilihan ganda online yang langsung disertai skor. Untuk jenis soal lain, akan disajikan pada tulisan yang lain. Soal pilihan ganda dipilih karena beberapa keunggulannya, selain karena bisa mencakup materi yang banyak, soal ini juga akan menyajikan hasil yang lebih objektif.

Untuk membuat soal pilihan ganda online disertai skor, kita bisa memanfaatkan berbagai aplikasi yang ditawarkan seperti Quizstar, ProProfs, ThatQuiz, QuizEgg, dan lain sebagainya (silahkan googling sendiri). Namun saya sarankan lebih baik memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan google berupa google drive, selain gratis, fasilitas ini juga sangat mudah digunakan.

Berikut ini adalah tutorial cara membuat soal pilihan ganda dengan google drive yang disertai dengan skorsing :

1. Masuk ke akun google yang kita miliki
=>>(yang belum punya, buat akun google terlebih dahulu)

2. Pilih fasilitas google drive


3. Buat formulir baru
=>>Langkah : Klik tombol Baru => Lainnya => Google Formulir





4. Ganti tulisan "Formulir Tanpa Judul" dengan judul yang kita kehendaki
=>>sebagai contoh saya ganti dengan judul Ujian Tengah Semester (Remedial) IPS 1



5. Buat soal Pilihan Ganda
=>>Untuk membuat soal pilihan ganda, isilah kolom pertanyaan dengan pertanyaan yang kita kehendaki, kemudian pilih jenis soal "Pilihan ganda", ganti "opsi" dengan alternatif jawaban, untuk menambah alternatif jawaban, klik "Tambahkan Opsi" sedangkan untuk menambah soal klik tanpa "plus". Lihat gambar dibawah ini.


Untuk mengacak alternatif jawaban, klik seperti gambar di atas, kemudian centang "acak urutan opsi"



6. Menambahkan Skor dan Kunci Jawaban
=>> klik ikon "setelan", kemudian pilih "Kuis", kemudian klik "jadikan ini sebagai kuis" lalu "Simpan"


=>>Untuk menambahkan skor, klik "Kunci Jawaban", kemudian tambahkan skor yang kita kehendaki



7. Menyisipkan ke blog
=>> setelah soal selesai dibuat, saatnya menyisipkan soal pada blog yang sudah kita buat dengan cara klik tombol "Kirim", kemudian klik ikon "embed" dilanjutkan mengcopy alamat HTML soal yang kita buat. Lihat gambar dibawah! Selanjutnya hasil copy link tersebut kita paste-kan pada pos blog yang kita buat. Maka selesailah soal online yang kita buat.



8. Melihat tanggapan
=>> untuk melihat tanggapan dari soal online yang kita buat, klik "Tanggapan". Kita dapat melihat setiap tanggapan, baik secara koletif atau pun individu diisertai skor yang diperoleh.

Demikian cara membuat soal Pilihan Ganda Online Dengan Google Drive disertai skor.
Selamat mencoba. semoga bermanfaat ...

3 komentar:

PENDIDIKAN DAN LATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SMP

UPT SMP NEGERI 4 BANGKALA Alamat : Jl. Poros Desa Marayoka Kec. Bangkala Kab. Jeneponto  PENDIDIKAN DAN LATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU ...