Kamis, 25 April 2019

Membuat PPDB Online Gratiss


Saat ini Penerimaan Peserta Didik Baru Secara Online (PPDB Online) ataupun Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online (PMB Online) sudah bukan menjadi hal yang langka, hampir semua lembaga pendidikan sudah menyediakannya. Jenisnya pun beragam, ada yang sangat sederhana sampai yang sudah terintegrasi dengan sistem informasi yang komplek.

Kali ini ane coba-coba nulis Bagaimana membuat PPDB Online/PMB Online yang gratis, lho? apa masih diperlukan? jawabannya, kadang situasi yang memaksa untuk melakukannya, kwkw saat di kejar deadline dari dinas untuk menyediakan PPDB Online dan belum sempat ngurus yang berbayar tak ada salahnya pake yang gratis dan sederhana, tentu jangan berharap akan sebagus yang membayar.. 

PPDB Online yang ane maksud disini, gabungan dari Blog Gratis + Formulir Pendaftaran Gratis, Untuk Blog Gratis cukup banyak yang menyediakan, seperti WordPress, Blogspot, dll, untuk formulir nya kita coba manfaatkan google drive.

Yuk Langsung saja kita bikin, Ane Asumsikan bahwa Blog Gratis Sudah Jadi, dan juga sudah punya akun gmail (kalau blm tau cara bikinnya tanya google ya..  ) . 

langkah-langkahnya :

1. Login ke google drive (www.drive.google.com) pake akun gmail yang sudah dibuat. kemudian pada bagian kiri atas pilih “create” atau “buat”, kemudian pilih “form” atau “formulir”.



2. Buat formulir sesuai dengan kebutuhan, kita bisa memasukkan pertanyaan, bantuan jawaban, memilih jenis jawaban essay, multiple choice, dll, bisa juga melakukan validasi jawaban seperti jumlah minimal karakter, format email, dll. buat seluruh formulir sampai selesai.



3. Ambil Kode HTML dari Formulir yang sudah jadi untuk di masukkan ke blog, caranya Pilih “file” -> “Embedd/Tempel”, kemudian copy code HTML yang ada, sebelumnya bisa diatur tinggi dan lebar menyesuaikan blog kita.



4. Buka Blog yang sudah kita buat, Bikin “Halaman Baru”, kemudian pilih mode HTML, dan Pastekan kode HTML formulir yang tadi kita copy.




5. Simpan Halaman Blog, dan Lihat Hasilnya, jika kurang pas, kita bisa mengedit tinggi dan rendahnya dari kode HTML yang kita pastekan tadi. jika sudah pas hasilnya akan tampak seperti berikut :


Bagaimana? Keren Bukan? selanjutnya tentu kita melakukan uji coba untuk mengetahui apakah formulir yang kita buat bisa berjalan dengan baik atau tidak. Jika sudah berhasil melakukan pengisian, buka formulir yang kita bikin di google drive tadi, kemudian pilih menu “Tanggapan/Responses”. Jika formulirnya berhasil, maka akan tampak hasilnya disana dalam format sheet seperti Ms. Excel, hal ini tentu sangat memudahkan kita dalam pengolahan data selanjutnya. oya, hasilnya ini bisa didownload dalam format .xls (Ms. Excel), .pdf, dll.


Bagaimana?? Keren bukan? gak kalah kok sama PPDB Online berbayar.. hehe tertarik untuk membuat?? silahkan mencoba…

Firman Daeng Sirua
Muhammad Azka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENDIDIKAN DAN LATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SMP

UPT SMP NEGERI 4 BANGKALA Alamat : Jl. Poros Desa Marayoka Kec. Bangkala Kab. Jeneponto  PENDIDIKAN DAN LATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU ...